Pemerintah harus melakukan apa yang disebut sebagai program kontraradikalisme. Secara filosofis, program kontraradikalisme tidak semakna dengan program deradikalisasi yang sedang marak-maraknya digaungkan pemerintah saat ini. Keduanya memiliki perbedaan yang sangat mendasar.

Jika deradikalisasi, secara epistemologis, dimaknai sebagai program yang bertujuan untuk melunakkan narapidana radikalisme dan terorisme, maka kontraradikalisme adalah sederet program dan juga gerakan yang menyentuh segenap lapisan yang sudah terbukti bergabung dan pernah melakukan tindak terorisme maupun yang belum. Kontra berarti perlawanan, dan perlawanan paling efektif menurut saya, melalui pendidikan serta penanaman pemahaman akan bahaya sikap dan gerakan radikalisme tersebut. Kuncinya ada di pendidikan. Mengutip Malala Yousafzai (2015), with guns you can kill terrorists, with education you can kill terrorism.

langkah tersebut jika dilakukan dengan serius dan berdisiplin baik, semoga bisa mengeliminasi gerakan radikalisme di pelbagai lini, termasuk yang menjangkiti anak muda. Dibutuhkan kerja sama pelbagai pihak untuk bahu membahu menghalau radikalisme yang kian hari kian meluas dan meresahkan ini

Share to: